Makanan tambahan untuk bayi 3 bulan?

bayi makan

Berikut ini ada perbincangan makanan tambahan untuk bayi 3 bulan. Sebenarnya boleh atau tidak sih bayi 3 bulan di beri makanan? baik atau tidak untuk kesehatan? mari kita temukan jawabannya!

Saya punya bayi yang 5 hari lagi genap 3 bulan. bayi saya laki-2. selama ini minum asinya kuat sekali. dan kayaknya gampang sekai lapar. masalahnya, mama saya ngotot sekali kasih dia tajin (air rebusan beras), walaupun hanya beberapa sendok kecil. tapi nyatanya nggak sampai 5 menit dia udah kepengen ‘nenen’ lagi. skrg mama saya ngotot lagi mau kasih dia pisang. saya agak bingung, emang boleh nggak sih bayi 3 bulan udah makan pisang. oh iya, info lagi, karena saya kerja, bayi saya minum juga susu formula walaupun cuma 2 kali dalam sehari. minta tolong sarannya ya teman-2.

menurut ilmu kedokteran bayi umur 0-6 bulan hanya boleh diberi susu (paling bagus ASI), bayi 3 bln belum boleh dikasih makanan padat karena ususnya belum bisa mencerna makanan padat, kasihan nanti kalo ususnya penuh dengan pisang, sudah pernah ada kejadian demikian
sebagai gantinya boleh dicampur dengan air tajin, tapi cuma sekali dalam sehari.

J
mungkin ada pengertian yg salah
setiap bayi menanggis bukan berarti dia lapar, coba cek mungkin dia kepanasan, kencing atau lainnya
bayi 0-6 bulan refleknya menyedot, jadi walaupun dia tidak lapar, kalo disodorin dia akan langsung menyedot.
tanyakan pada dokter anak sewaktu membawa anak imunisasi, kalo takut lupa bikin catatan dirumah untuk ditanyakan ke dokter.

J
Wah sayang ya bu… masih 3 bulan seharusnya hanya ASI Eksklusive..
Makanan tambahan untuk bayi yang baik seharusnya masa 6 bulan, mulai dengan bubur atau biskuit..
Jika belum sebaiknya tetap memberikan ASI, karena ASI baik untuk daya tahan tubuh terutama ASI Eksklusive

bayi makan semangka

Jangaaaaaaan………. Kasihan sibayi…………

Anak saya skrg 7 bln, pas umur 5 1/2 bln lbh baru saya perkenalkan makanan tambahan. takut tidak bisa dicerna. Jika bayi anda minum ASI, saya rasa asi anda yg keluar sedikit sehingga sibayi cepat lapar, atau sibayi baru mimik sebentar sdh ketiduran, itu bukan tanda bahwa sibayi sudah kenyang. melainkan sibayi jadi kebiasaan untuk mencium aroma badan si ibu.

bayi saya pada usia 3 bln minum susu formula 90 ml 1 1/2 jam s/d 2 jam sekali. kira ” ASI yang dimimik sibayi apakah ada sebanyak ini? jika ada, berarti memang tidak cukup, anda boleh menambahkan lagi hingga 105 – 120 ml.

Bayi yang berusia dibawah 5 bulan, diusahakan agar minum susu sebanyak”nya. karena jika sdh ada mknan tambahan si bayi akan cendrung suka mkn dari pada minum susu.

semoga bermanfaat bagi anda…..

Sebenarnya memberi pisang kepada bayi 3 bulan tidak masalah, asalkan ususnya kuat, tidak tersendak dan mencret. Buktinya banyak bayi zaman dulu dikasih pisang gak ada masalah, begitulah kata orang.

Tetapi akan lebih baik lagi kalau ibu baru memberikan makanan tambahan setelah bayi berumur 6 bulan, setelah ususnya kuat. Karena kekuatan usus tiap bayi itu berbeda, ada yang bisa dan tidak.

Kalau yang kuat, gak ada masalah, akan tetapi kalau yang tidak kuat, bisa berakibat fatal hingga kematian karena saluran nafasnya tertutup.

Mitos memberikan pisang bisa membuat bayi kenyang adalah mitos belaka. Sebenarnya usus bayi harus bekerja ekstra keras untuk memproses pisang tersebut, sehingga penyerapannya menjadi lambat. Ini yang membuat orang mengira, bayi menjadi kenyang setelahnya.

Saya suka membantu di puskesmas, sudah banyak bayi yang diberi makanan tambahan oleh ibunya bahkan sejak 2 minggu kelahirannya. Saya perhatikan, ada efek dari pemberian makanan padat terlalu dini. Setelah anak tumbuh lebih besar, nafsu makannya menjadi berkurang dan susah makan. Mungkin ini efek dari usus bayi yang masih begitu kecil di paksa memproses makanan padat sehingga perkembangan ususnya mengalami gangguan.

Sedangkan untuk air tajin, lebih baik tidak diberikan kalau ibu memang masih sanggup memberikan asi dan susu formula kepada bayi ibu. Karena kandungan gizi dari air tajin tidak sebanding dengan asi dan susu formula. Badan bayi ibu boleh gemuk karena air tajin, tetapi perkembangan otak bayi ibu tidak akan bisa sejerdas bayi lain yang diberikan asi exclusive.

Berikan asi ibu sebanyak mungkin, ibu bisa menyimpannya di kulkas dan di hangatkan kembali dengan di celupkan di dalam air panas. Atau ibu bisa memberikan susu formula sebagai tambahan asi. Kalau ibu menyentuh pipi bayi, dan ada reflek mengenyot, itu pertanda bayi ibu lapar. Tetapi jika tidak, mungkin bayi ibu kepanasan, kedinginan, ngantuk atau ingin di ajak bermain.

Tentunya ibu sudah bisa memilih mana yang terbaik buat bayi mungil ibu. Semoga bermanfaat…. :)

J
pake pisang juga gpp kog. asal si bayi gag nunjukkin reaksi alergy dll setelah maem pisang. tetangga saya juga malah ngashe biskuit milna. 3 keping sekali maem. sebenerny jelekny tuh antara lain obesitas.
susu formula?klo asiny banyak. di ttampung ajagh. klo di kulkas bisa ampe 24 jam klo gag salah. tanya dktr ajAgh kay soa; asi inigh
materi referensi:
pengalaman tetangga heheh

J
Bayi umur 3 bulan sebaiknya belum diperkenalkan makanan tambahan. setelah 4 bulan, biasanya baru diperkenalkan makanan tambahan. untuk memenuhi keinginan makannya saran saya perbanyak saja asi dan susu formula yang diberikan. asi adalah makanan paling baik untuk bayi, dan susu formula telah disesuaikan dengan kondisi tubuh bayi. setelah dia berumur 4 bulan baru berikan tambahan makanan lainnya, seperti pisang ataupun bubur susu.
anak laki-laki memang cenderung banyak makan. berikan dia asi sesering mungkin, kalo mbak nggak ada baru kasih susu formula. semoga anaknya tatap sehat ya

Halo………….

Sebaiknya jangan diberikan makanan lain selain asi dan susu formula sebelum bayi berumur 4 bulan. karena akan merusak pencernaan bayi dan belum tentu bayi bisa menerimanya salah2 malah mencret. Kalau tajin gak masalah karena berupa air bukan makanan padat jadi tidak masalah kalau diberikan kepada bayi umur 3 bulan. Kalau pisang sudah termasuk makanan padat belum boleh diberikan sebelum 4 bulan.
Makanan padat pertama bayi adalah saat usia bayi mencapai 4 bulan dan hanya boleh dikasih : bubur susu, bubur saring, bubur tim. Untuk awal pemberian jangan dikasih sayuran apa2 dulu cukup dengan gula anggur saja, setelah 2 minggu bayi sudah terbiasa, boleh ditambah salah satu jenis sayuran seperti : wortel, tomat, kentang dalam jumlah sedikit dulu kemudian baru ditambahkan sedikit demi sedikit sampai jumlah yang biasa. kalau sudah terbiasa dengan sayuran baru boleh ditambah buah2an. agar bayi tidak mencret semua makanan yang belum pernah dikasih pertama kali harus dikasih dalam jumlah sedikit.
8 bulan bayi boleh makan bubur tanpa disaring dan 12 bulan bayi boleh makan nasi.

Semoga bermanfaat………….

Kesimpulan:
Jangan beri makan bayi sebelum usia 6 bulan lebih karena bisa berbahaya bagi usus si kecil

7 thoughts on “Makanan tambahan untuk bayi 3 bulan?

    1. Admin

      Pertama-tama, janganlah anda merasa panik akan hal ini.
      Langkah selanjutnya adalah memerikasakan anak anda ke dokter anak terdekat di kota anda, konsultasikanlah seluruh permasalahan anak anda.

      Semoga anak anda lekas sembuh.
      Terimakasih

      Reply
  1. selly fitrianeli

    saya mempunyai anak berumur 4 blan 21 hari,dia sudah saya berikan makan tambahan yaitu buah pisang. tapi setelah 2 hari anak saya belum buang air besar. kemudian saya kasih buah pepaya fikir saya agar dia gampang buang air besar nya. tapi ternyata setelah 2 hari kemudian dia tetap belum BAB juga,saya khawatir!
    apa yang harus saya lakukan agar dia bisa BAB lancar?mohon sarannya ya,,,

    Reply
  2. emma fice cullen

    saya mau tanya bayi sya brusia 4 bulan apa boLeh dikasi bubur yg dihaluskan??
    Trus kenapa bayi saya kelihan agak kurus padahal selalu sehat & aSinya brkecukupan,apa krna bayi sya sudah mulai nakal??
    Tolong ksi saran,,,

    Reply
  3. fatma

    saya mau tanya bayi saya berusia 3 bulan 5 hari boleh dikasih makan gak??
    masalah nya anak saya laper terus,sedang kan ASI saya cuma sedikit, semenjak saya kerja anak saya cuma sebentar aja mau ASI nya kalo dikasih susu formula baru cepat minum nya, apakah itu gak pa2??

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>