Inilah 6 Jenis Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia yang Pernah di Temukan

Suka makan ikan? Atau suka memlihara ikan? Nah… belum bisa disebut keren deh kalau tidak tahu 6 jenis ikan air tawar raksasa di dunia berikut ini. Sebagai catatan 6 jenis ikan terbesar ini hanyalah yang pernah ditemukan saja, ada kemungkinan diluar sana ada banyak lagi jenis ikan air tawar yang lebih besar namun belum ditemukan…

Oke.. inilah dia ke-enam jenis ikan tersebut:

Seperti yang kita ketahui banyak ikan ikan terbesar di dunia ini berasal dari laut nah berikut ini paling seru menyajikan 7 jenis ikan airtawar yang paling besar di dunia.

1. Arapaima

ikan arapaima terbesar

Arapaima, pirarucu, atau paiche (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram. Saat ini sudah sangat jarang terdapat arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter karena ikan ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain.

2. Giant Carp

dulu ikan ini banyak ditemukan di sungai mae klong, thailand (sungai mekong) tapi ikan berbobot 600 pon ini adalah salah satu ikan yang hilang begitu cepat di asia tenggara.
3. Goliat Tigerfish

Goliat Tigerfish, adalah sejenis spesies ikan karnivora yang beratnya mencapai 154 pon (77 kg) dan panjangnya mencapai 5 meter. kan ini dikenal luas sebagai makhluk ganas dengan gigi tajamnya.

Goliath Tigerfish adalah salah satu dari berbagai jenis ikan besar asli Sungai Kongo, sebanyak 80 persen dari populasi ikan di sana tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

4. African Lungfish

African LungfishIkan ini ga berbahaya buat manusia, tapi liat bentuknya Ikan ini panjangnya bisa mencapai 6,6 kaki. Anehnya ikan ini justru menyukai perairan yang kadar oksigennya sedikit, kenapa? karena perut mereka juga bisa berfungsi layaknya paru-paru.

5. Alligator Gar

Alligator gar atau bahasa latinnya Atractosteus spatula adalah ikan pari bersirip primitif,ikan ini di sebut Alligator Gar di karenakan bentuk fisiknya terutama kepala yang mirip aligator. ikan ini sering di temukan di daerah amerika utara, berat dari Alligator ini minimal mencapai 91 Kg. untuk ikan Alligator Gar terbesar yang pernah di tangkap mencapai berat 127 Kg,ikan ini di tangkap oleh seorang wanita bernama Kenny Williams pada tanggal 14 Februari 2011 kemudian di sumbangkan ke museum Ilmu pengetahuan alam mississipi, tetapi kemudian rekor tersebut di patahkan oleh Bowfishing yang berhasil menangkap Alligator Gar seberat 166 Kg.

Alligator gar banyak di temukan di wilayah amerika,yaitu di sungai mississipi,Texas, Oklahoma, South Carolina, Louisiana Alabama, Tennessee, Arkansas, Missouri, Florida, dan Georgia. akan tetapi ikan ini juga pernah di temukan jauh dari wilayah amerika, ini kejadian yang sangat unik di karenakan berada di luar habitatnya.

6. Piraiba Catfish

Ikan yang panjangnya bisa mencapai 3 meter dengan berat 272 kg ini membuat takut sebagian besar pemancing. Ikan ini terkenal akan kekuatannya, bahkan ikan ini dikatakan mampu membuat seorang manusia tenggelam karena kekuatannya.

Banyak rumor yang beredar jika penyebab pemancing – pemancing yang hilang ketika memancing di sungai adalah karena diseret oleh ikan ini kedalam sungai hingga tenggelam.

Well, ternyata sungai pun tidak kalah dengan lautan, banyak makhluk – makhluk unik hidup disini. Walaupun bentuk – fisik mereka terbilang unik dan aneh, namun tidak bisa dipungkiri lagi jika bumi masih menyimpan banyak potensi yang belum ditemukan olah manusia
Artikel ini ditulis dari berbagai sumber termasuk blogger,vivanews serta sumber-sumber lainnya. Artikel ini diedit ulang oleh Rudi Revaldi

One thought on “Inilah 6 Jenis Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia yang Pernah di Temukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>