Tips Mengobati Kutu Air Pada Anak

Anak-anak rentan terkena penyakit kutu air apalagi anak yang sukanya main air atau tanah. Ini terjadi pada anak saya, dan jujur saja saya langsung panik menghadapi hal ini. Waktu itu di kakinya terdapat beberapa kutu air dan bintik-bintik kecil yang banyak yang katanya gatal. Bukan itu saja, ditangannya juga banyak kutu airnya, bikin tambah panik juga. Namun akhirnya saya menemukan cara mengobati kutu airnya dan terbukti ampuh sampai saat ini. Nah berikut ini adalah tips untuk mencegah dan mengobati kutu air pada anak berdasarkan pengalaman saya:

kutu air
Ilustrasi infeksi kutu air

Tips Mencegah Kutu Air:

- Mandikan anak secara teratur pagi dan sore hari dengan air hangat
- Berilah anak minyak kayu putih setiap sudah selesai mandi.
- Jagalah agar kulit anak anda tetap kering

Tips Untuk mengobati kutu air:

- Olesi kulit yang terkena kutu air dengan minyak kayu putih secara rutin setiap 3 jam sekali
- Olesi seluruh tubuhnya juga untuk mencegah penyebaran kutu air
- Bila kutu airnya membandel bisa juga menggunakan obat anti jamur khusus untuk kutu air, namun disarankan untuk menggunakannya sesuai dengan resep dokter.

*Untuk orang dewasa juga sama saja pengobatannya namun dianjurkan pakai saja obat anti jamur yang tersedia di apotek-apotek terdekat!
Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi para orangtua yang kebetulan anaknya juga kena kutu air.

3 thoughts on “Tips Mengobati Kutu Air Pada Anak

  1. titik f

    Apakah kutu air itu bintil kecil, yg awalnya merah kmd berubah bintil berair? Disela jari dan telapak tangan juga kaki? Anak saya sdg mengalami itu. Kadang hilang tp 2 bln kmd ada lg. Sdh sering ke dokter tp nggak pernah hilang. Kasihan babyku

    Reply
    1. Admin

      Iya sepertinya itu adalah salah satu ciri-cirinya.

      Satu hal yang bisa dilakukan oleh Ibu untuk menangani kutu air adalah dengan cara menjaga kebersihan tangan dan kaki anak ibu. Biasakanlah cuci tangan dan kaki anak ibu setelah anak Ibu selesai bermain dan sebelum tidur. Dan jagalah agar kaki dan tangan anak ibu supaya tetap keriang [tidak lembab].

      Semoga bisa membantu,
      Salam

      Reply
  2. ola

    Anak saya juga sering mengalami kutu air di sela jari2 kakinya, tapi syukurlah setelah saya pakai salep kulit Oxitetracycline, kutu airnya sudah sembuh. Coba deh beli di Apotik, murah koq harganya sekitar 4 ribuan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>